Lima Tanda Kanker Serviks Stadium 4

Sabtu, 22 April 2017 - 11:19 WIB
Lima Tanda Kanker Serviks Stadium 4
Lima Tanda Kanker Serviks Stadium 4
A A A
JAKARTA - Pedangdut Julia Perez masih terus berjuang melawan penyakit kanker serviks atau kanker rahim stadium 4 yang dideritanya. Selama beberapa bulan terakhir, wanita yang akrab disapa Jupe itu pun telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Kanker serviks merupakan penyebab kematian nomor dua pada wanita di Indonesia, setelah kanker payudara. Jika sudah mengalami keputihan yang menimbulkan bau tak sedap harus mewaspadainya.

Sayangnya, sekitar 73,50% pasien kanker serviks yang datang berobat sudah memasuki stadium lanjut. Jika sudah berada di stadium lanjut, pasien kanker serviks sudah tidak bisa dioperasi.

Lalu bagaiman cara mengenali kanker serviks yang memasuki stadium 4. Mengutip Healthsite berikut tanda-tanda kanker serviks telah memasuki stadium 4.

1. Adanya Pendarahan pada mulut rahim di organ intim
Pendarahan ini melebihi darah menstruasi yang keluar. Sehingga menyebabkan penderita harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan pertama.

2. Mengalami rasa nyeri di seluruh tubuh
Khususnya pada tulang dan otot serta panggul bagian bawah. Hal ini membuat si penderita akan merasakan lemah dan tidak berdaya.

3. Sakit saat buang air kecil maupun besar
Sakit yang diderita ini sangat membuat penderita tidak bisa mengeluarkan air seni.

4. Nafsu makan berkurang
Penderita kanker akan mendapatkan nafsu makan yang berkurang. Penderita kanker pun tidak berselera menikmati beberapa hidangan.

5. Berat badan menurun
Masalah berat badan menurun memang menjadi ciri khas penderita kanker yang sudah memasuki stadium lanjut. Khususnya bagi penderita yang banyak kehilangan berat badan memasuki stadium empat. Oleh karena itu, sebelum memasuki stadium empat para penderita pun harus rajin mengecek ke dokter.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8267 seconds (0.1#10.140)